Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali Berbagai Jenis Rem Pada Sepeda

Rem pada sepeda berfungsi sebagai perangkat yang berguna untuk mengurangi kecepatan sepeda. Maka komponen ini sangat penting terutama dalam handling dan keselamatan sobat saat bersepeda. Ada berbagai macam jenis rem sepeda, banyak nya jenis rem ini dikarenakan perbedaan fungsi sepeda. Selain itu perkembangan teknologi juga membuat variasi rem menjadi semakin banyak. Apa saja jenis rem pada sepeda? mari kita bahas bersama.

.

DISC BRAKE / REM CAKRAM

Jenis rem ini kebanyakan di pakai pada sepeda gunung, namun saat ini rem disc brake sudah mulai di gunakan pada jenis sepeda lain nya, seperti sepeda lipat, sepeda kota, dan sepeda lain nya. Disc brake merupakan rem yang memiliki metal disc atau cakram yang dipasang dan ikut berputar dengan roda. Kaliper nya di pasang pada Fork sepeda untuk menjepit disc ketika menarik tuas rem.

Kelebihan menggunakan Disc Brake

Disc brake sangat pakem untuk menghentikan roda, hal ini memudahkan sobat dalam pengaturan kekuatan pada saat menekan tuas rem. mengurangi kelelahan jari sobat pada saat kondisi jalanan yang menurun.

Disc brake tidak berpengaruh pada kecepatan bersepeda. Dikarenakan membutuhkan waktu yang tidak lama untuk mengurangi kecepatan, sehingga sobat bisa menghabiskan waktu lebih lama pada kecepatan tinggi sebelum mulai mengurangi kecepatan.

Disc brake tidak akan ada kendala pada saat kondisi jalan kering (pasir) maupun basah (lumpur).

Kekurangan menggunakan Disc Brake

Disc (piringan) cenderung mudah panas dan cepat berkarat jika kurang perawatan.



BRAKE HYDRAULIC

Rem hydraulic tidak menggunakan kabel, namun menggunakan cairan mineral oil atau minyak rem. Rem hydraulic menggunakan selang yang tertutup dan reservoir pada sistem remnya. Ketika tuas rem di tarik cairan akan di tekan dan selang akan mengalirkan tekanan pada caliper untuk menjepit rotor. Karena mimyak rem tidak memiliki elastisitas seperti kabel, dan lebih bersifat padat ketika di dalam kabel, membuat rem ini lebih responsif dan konsisten. Rem jenis ini lebih enteng di tekan dan memberikan pengereman yang lebih pakem dan kuat. Rem jenis ini biasa kita temui pada sepeda balap dan sepeda lipat.



CALIPER BRAKE 

Jenis rem ini sering kita jumpai pada sepeda balap. Pada varian ini, caliper akan ditarik dari samping. Pertemuan antara kabel rem dengan lengan caliper ada disisi kanan / kiri. Side pull caliper brakes ini ada 2 varian yaitu, single dan dual pivot. Perbedaan nya terletak pada jumlah pivot caliper nya.Pada Single pivot kedua lengan caliper nyamemiliki sumbu yang sama yang terletak di tengah. Sedangkan pada dual pivot masing masing lengan caliper memiliki sumbu sendiri.



U BRAKE

Jenis U brake memiliki 2 buah mounting yang sekaligus berperan sebagai pivot untuk masing masing lengan caliper. Lengan caliper akan di tarik oleh kabel rem di tengah tengah, pada lengan caliper kanan dan kiri akan di hubungkan oleh seutas kabel baja.jenis rem ini biasa kita temui pada sepeda BMX dan sepeda kota.



V BRAKE

Sepintas jenis rem ini hampir sama dengan U Brake. Pemasangan caliper nya pun sama, yaitu masing masing lengan di pasang langsung pada mounting fork dan frame sepeda. Yang membedakan hanyalah pada jenis ini lengan kanan dan kiri tidak di hubungkan menggunakan kabel terpisah. Pada v brake, caliper di tarik dari samping. jenis rem ini bisa kita lihat pada sepeda BMX dan sepeda gunung menegah kebawah.



BAND BRAKE

Cara kerja jenis rem ini mirip dengan rem cakram, namun piringan nya berbentuk silinder dan brake pad nya berbentuk seperti sabuk. Saat handle rem di tarik, makan sabuk akan ikut tertarik dan menjepit silinder dan memperlambat laju sepeda. Jenis rem ini biasanya kita temui pada sepeda Mini / sepeda anak model citybike.





.